wordpress 101

WordPress 101

Mengenal Dasar Dasar WordPress

Setelah instalasi WordPress anda berhasil, maka anda akan di hadapkan dengan dashboard WordPress seperti di bawah ini.

wordpress dashboard

Bagian Bagian Dashboard WordPress

Pada tampilan awal anda akan di sediakan menu-menu default seperti gambar yang sudah saya berikan sebelumnya. Selanjutnya saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang fitur fitur menu yang di sediakan di platform ini.

  1. Home: Bagian ini sebenarnya hanyalah menyediakan informasi informasi tentang theme, plugin, update dan lain sebagainya. Saya skip saja yang yang bagian ini.
  2. Post: Bagian ini mempunyai bagian sebagai berikut: All Post, Add New, Categories dan Tag.
  3. Media: Bagian ini berisi dengan file-file seperti gambar, file PDF (jika anda mengupload file di local hosting anda, dan file-file lainnya. Jika anda memasukkan image di saat anda membuat artikel, semua data/file gambar anda akan di tampilkan di sini.
  4. Pages: Bagian ini sebenarnya hampir seperti Post. Bedanya di bagian ini tidak bisa di masukkan di dalam Categories. Pages ini hanya cocok di gunakan untuk keperluan informasi yang bersifat statis, seperti halaman informasi About, Disclaimer, Privacy dan lain sebagainya.
  5. Comments: Bagian ini merupakan bagian di mana pengunjung yang mengunjungi anda memberikan komentar atau masukan ke artikel anda. Tapi yang perlu di perhatikan adalah apakah komentar itu natural atau komentar spam.Untuk menghindari komentar spam,anda di haruskan untuk melakukan sedikit pengaturan lanjutan.
  6. Appearance: Bagian ini berisi bagian-bagian yang berhubungan dengan tampilan atau visualisasi. Menu defaultnya antara lain: Themes, Customize, Widgets, Menu, Theme Editor.
  7. Plugins: Bagian ini berguna untuk menginstal plugin pihak ketiga seperti plugin SEO, plugin untuk speed dan plugin-plugin lainnya. Ada submenu di bagian ini yaitu: Installed Plugin, Add New dan Plugin Editor.
  8. Users: Bagian ini merupakan data user yang memiliki akses ke Dashboard WordPress / WP Admin anda.Anda bisa menambahkan user lain dengan batasan batasan yang hanya bisa di akses
  9. Tools: Sebenarnya saya jarang memakai fitur dari bagian ini,hanya saja jika anda menginstal Plugin, akan ada menu yang mungkin akan di tambahkan di menu ini. ( Tidak hanya di menu tools saja, jika anda menginstal plugin biasanya akan muncul menu baru yang akan di tambahkan di bagian bagian tertentu. Anda akan mendapat petunjukanya setelah anda menginstal dan mengaktivasi plugin.
  10. Settings: Bagian ini berisi pengaturan-pengaturan yang bisa membantu anda mengoptimalkan fungsi WordPress anda seperti auto ping, membatasi komentar spam, struktur permalink dan fungsi lainnya. Bagian ini terdiri dari General, Writing, Reading, Discussion, Media, Permalink, Privacy.

Masih ada lanjutannya … 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *