Menginstal Theme & Plugin

theme

Menginstal Theme/Template WordPress

Theme atau template wordpress di ibaratkan sebagai desain tampilan blog yang akan kita buat. Di direktori wordpress sendiri anda bisa mendapatkan theme/template secara gratis. Selain itu anda juga bisa membeli template premium yang mengharuskan anda merogoh kocek untuk mendapatkannya.

Hal yang harus di garis bawahi template yang bagus adalah template yang mempunyai aspek yang bisa meningkatkan performa blog anda. Aspek aspek berikut yang biasanya menjadi standar para blogger profesional.

  1. Tampilan/Design. Aspek ini sering menjadi patokan untuk memilih theme. Tampilan template berarti tampilan untuk blog anda juga. Jika tampilan bagus dan bersih (clean) pengunjung akan betah dan mengunjungi blog anda kembali.
  2. High CTR. CTR yang di maksud dalam template ini adalah presentase dimana penempatan iklan anda mudah di lihat dan memperoleh banyak klik. Hal ini sangat menguntungkan jika blog anda di pasang sistem periklanan dari Google Adsense maupun iklan mandiri.
  3. SEO Friendly. Template ini sudah di setting dengan struktur SEO mulai dari Breadcrumb, Related Content, Navigasi dan struktur struktur lainnya.

NB: Anda bisa mendapatkan rekomendasi template dengan kriteria diatas di sini.

Baik setelah saya berikan gambaran theme yang bagus di gunakan sekarang saatnya saya memberikan tutorial cara menginstalnya. Cukup mudah sebenarnya jika anda sudah terbiasa dengan tampilan dashboard WordPress.

Cara menginstal theme WordPress

  • Setelah anda masuk di Dashboard WordPress (WP Admin), silahkan anda masuk di menu Appearance – Theme (Untuk yang memakai bahasa Indonesia silahkan menyesuaikan) dan pilih tombol Add New.
menginstal theme 1
  • Ada dua opsi dalam menginstal theme yaitu langsung memakai kontak pencarian di WordPress Directory atau anda bisa mengupload file theme yang sudah anda download di komputer anda. Misalnya template yang berbayar.
menginstal theme 2
  • Untuk metode manual/ instal dari file silahkan anda pilih menu “Upload Theme” dan cari file theme berbentuk zip di lokal disk anda. Setelah ketemu pilih dan klik open.
menginstal theme 3
  • Akan muncul nama file di dashboard instalasi dan langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tombol “Instal Now”.
menginstal theme 4
  • Setelah ada notifikasi instalasi theme sukses (lihat gambar di bawah), selanjutnya anda harus mengaktifkannya dengan memilih opsi “Activate”, atau jika anda ingin melihat terlebih dahulu tampilannya anda bisa melihat di opsi “Live Preview”
menginstal theme 5
  • Sampai di sini saya harap teman teman sudah bisa dalam mempraktekannya. Untuk mencustomize template anda bisa masuk di menu Appearance – Customize. Saya tidak akan membahasnya panjang lebar tentang customize ini karena setiap template akan memiliki sedikit tampilan yang berbeda beda. Tapi pada dasarnya Customize ini berisikan tentang pengaturan tampilan lanjutan seperti nama blog, favicon, logo blog, menu, widget dan lain lainnya.

Menginstal Plugin

Sebelum saya jelaskan cara menginstal plugin, akan saya berikan gambaran apa sih kegunaan plugin itu. Fungsi plugin tidak bisa di pisahkan dari fungsi theme. Selain itu plugin juga sangat membantu dalam urusan SEO Onpage dan SEO Teknikal. Jadi penjelasan singkatnya, plugin adalah tool penunjang yang akan membantu kita dalam semua urusan per bloggingan.

Untuk rekomendasi plugin beserta fungsinya bisa di lihat di post ini.

Cara Menginstal Plugin sebenarnya hampir sama dengan menginstal theme yang sudah di bahas sebelumnya. Anda bisa menginstal baik dari WordPress directory maupun secara manual. Anda cukup masuk di menu Plugin atau di submenunya “Add New”

menginstal plugin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *