Membuat Post Artikel

membuat post artikel

Di materi ini kita akan membuat post artikel. Berbeda dengan HALAMAN/PAGE, Post memiliki pengkategorian “kategori” dan “tag” sedangkan di Halaman tidak ada. Selain itu mungkin akan ada perbedaan tambahan menyesuaikan dengan fitur dari template/theme nya.

Baik kita lanjut untuk sedikit mengenal tampilan menu Posts artikel. Anda cukup memilih menu Posts – Add New untuk menambahkan post baru. Lihat gambar di bawah ini.

membuat post artikel 1

Di sini saya hanya akan membahas hal hal intinya saja dan saya rasa ini juga sangat mudah untuk di pahami.

  • Title atau Judul: Tidak perlu saya jelaskan banyak banyak di sini, yang penting sebenarnya nanti dioptimasi penulisan judul/title saja. Materi ini bisa di baca di SEO On Page Struktur.
  • Permalink atau di sebut juga URL/Slug: Dalam post ini saya sesuaikan dengan judul/title. Anda bisa mengeditnya sesuai di materi optimasi di SEO On Page Struktur juga.
  • Kolom tempat menulis artikel: Ini berisi dengan element element block seperti paragraft, table,list, heading, kolom dan lain lainnya. Untuk materi menulis artikel sesuai kaidah SEO On Page.
membuat post artikel 2
  • Selanjutnya optimasi juga meta title dan meta deskripsi di setiap artikel. Meta title dan meta deskripsi bisa di artikan sebagai hal yang di tampilkan di mesin pencarian Google. Gunakan kata kata yang membuat orang tertarik untuk mengklik meta title yang kita buat. Meta title juga bisa di artikan sebagai title /judul ke dua (alternatif) dimana search engine bisa membaca title/judul yang kita buat di kolom title. Misal dalam post ini judulnya “Membuat Post Artikel” sedangkan di meta title bisa kita tulis “10 Tips Menulis Post Artikel Sesuai Kaidah SEO”. Sedangkan untuk meta deskripsi bisa anda buat menarik juga. Dalam penulisan meta title dan meta deskripsi juga memiliki aturan tersendiri untuk kaidah SEO. Meta Title maksimal di tulis 56-60 karakter/huruf, sedangkan meta deskripsi maksimal 150-160 karakter. Selain itu baik title, meta title maupun meta deskripsi harus mengandung kata kunci yang di target di awal /minimal di 2-3 kata di awal.
membuat post artikel 3

Catatan: Tampilan pengaturan meta title dan meta deskripsi berbeda beda jika anda menggunakan SEO Plugin yang berbeda beda juga. SEO Plugin yang saya pakai dalam kasus ini adalah plugin SEO Framework. Anda bisa menggunakan alternatif sbb : Yoast, AIO SEO Pack, Rank Math, SEOPress dan yang lainnya (pilih salah satu, jangan di instal semuanya karena akan bentrok). Yang sering saya pakai Yoast, SEO Framework dan Rank Math.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *