Membuat Kategori & Tag

cara membuat kategori baru di wordpress

Sebelum membahas cara membuat kategori dan tag,maka akan saya bahas fungsi dari kategori dan tag itu sendiri. Selain itu akan saya bahas tentang perbedaan antara kategori dan tag.

Fungsi Kategori maupun tag sebenarnya hampir sama yaitu mengkategorikan artikel blog anda tetap dalam satu pembahasan atau topik. Jadi tidak melenceng kemana mana pembahasannya jika anda memiliki blog gado gado maupun blog yang memiliki pembahasan yang luas. Seperti di blog ini ada kategori Basic, WordPress , SEO On Page , SEO Off Page dan lain lain lain. Jadi tidak mungkin saya membahas materi SEO di dalam materi kategori Basic kan. Sampai di sini saya kira semua sudah paham. Oh iya satu lagi opsi kategori dan tag akan muncul di saat kita membuat post atau artikel.

Meskipun kategori dan tag memiliki fungsi yang sama, sebenarnya ada perbedaan di keduanya yaitu dari segi turunan pengkategorian atau hierarki strukturnya. Kategori memiliki Parent Category misalnya saat kita membuat blog wisata kita akan menemukan pengkategorian nama lokasi sbb:

Negara (parent)=> Kota (sub kategori)

Yang artinya Wisata yang Negaranya di Indonesia dan kotanya di Bandung. Jadi Indonesia bisa di jadikan sebagai parent kategori/kategori utama dan Bandung sebagai sub kategorinya. Nanti bisa di kembangkan lagi negaranya Thailand dan sub lokasi ( sub kategorinya) di Bangkok.

Sedangkan Tag hanya memiliki 1 tingkat saja dalam hierarki atau strukturnya.

Yang perlu di perhatikan, terkadang struktur permalink antara kategori dan tag di anggap sebagai duplikat di Google Webmaster Tool, jadi untuk blog blog yang tidak memiliki pengkategorian khusus, saya menghindari pemakaian Tag dan hanya menggunakan Kategori.

Baik mungkin itu sekilas saja penjelasan tentang Kategori dan Tag. Selanjutnya akan kita bahas untuk membuat kategori dan tag.

  • Pilih menu Posts – Category. Anda akan di arahkan ke halaman seperti di gambar di bawah ini:
membuat kategori
  • Akan ada 4 kolom yang tersedia diantaranya: Name (nama kategori), Slug (permalink), Parent Category dan Deskripsi. Silahkan di isi semua. Untuk slug jika anda tidak mengisinya maka akan di setting sesuai nama. Untuk kategori biasanya menggunakan 1-3 kata saja. Parent kategori akan muncul jika anda sudah membuat dua kategori yang bisa anda setting yang mana yang di jadikan parent dan yang anda jadikan sub category. Sub Category memiliki tanda tambahan “-” di bawah kategori utama(parent). Lihat gambar di bawah.
sub kategori

Membuat Tag

Saya sebenarnya jarang menggunakan tag karena saya jarang menggunakan niche yang mempunyai hierarki/pengkategorian khusus atau bertingkat. Untuk instalasi Tag sebenarnya sama dengan membuat kategori dan perbedaannya yang sudah di sebutkan di atas adalah tidak adanya parent tag di menu “Tag”

membuat tag

Sekali lagi, gunakan tag jika hanya ada pengkategorian khusus karena saya sering menemukan banyak kasus duplikasi struktur di Google Webmaster. Kalau belum paham tentang struktur/hierarki sebaiknya hanya memakai Kategori saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *