pengertian domain

Domain

Apa sih domain itu?

Mungkin untuk yang baru mulai mengenal dunia blog/website akan kebingungan dengan istilah ini. Tapi di sisi lain sebenarnya kebanyakan orang sudah bersentuhan langsung dengan yang namanya “domain” ini.

Anda pasti pernah membuka situs situs dibawah ini:

  1. www.google.com
  2. www.facebook.com
  3. www.twitter.com
  4. Dan masih banyak lainnya

Ya itu namanya domain.Jadi pada intinya kebanyakan orang sering mengucapkan “oh situsnya ini”. Nggak ada yang salah sih karena ini sudah menjadi sebuah kebiasaaan orang menyebutnya begitu.

Struktur domain:

Domain sendiri memiliki struktur dan ini harus di pahami supaya tidak salah dalam penerapannya. Lihat gambar di bawah ini:

struktur domain

Penjelasan:

  1. Http/Https adalah sebuah protokol di semua awalan nama domain. Untuk pembaruan algoritma Google sebagai salah satu faktor keamanan situs/website adalah dengan menambahkan SSL ( ada tambahan “S” menjadi HTTPs yang artinya “Secure”). Anda bisa mendapatkan SSL gratis dari pihak hosting (biasanya ada yang harus membayar sendiri), tapi saya sarankan untuk menggunakan layanan gratis dari Lets Encrypt atau Cloudflare.
  2. Subdomain/Third Level Domain adalah bagian dari URL yang menempel di depan root domain utama. Misal: https://www.bola.com atau https://news.detik.com ( di sini www dan news adalah subdomain.
  3. Root domain/domain name adalah domain utama yang terdiri dari second level domain dan top level domain. Secon level domain sendiri bisa di katakan sebagai penamaan/ branding untuk website/blog anda. Misal: https://detik.com
  4. Top Level domain(TLD) adalah sebuah ekstension yang menjadi bagian dari struktur utama URL/Domain. Contoh Top Level Domain: .com, .net, .id, .org dan masih banyak lainnya.
  5. Path atau bisa di sebut dengan bagian bagian dalam website misal subdirectory, page,post ,content, category, tag dll

Jenis jenis domain

Karena di sini tujuannya membuat website untuk SEO maka akan saya berikan penjelasan dari pertanyaan pertanyaan yang sering saya terima dari jenis jenis domain

Berdasarkan Penamaan

Dari segi penamaan sebenarnya hanya ada 2 jenis yaitu”

  1. Branding domain: Domain yang penamaannya dengan tujuan branding untuk perusahaan atau produk yang akan di kenalkan. Misal: https://www.detik.com untuk branding website berita/news, https://www.bukalapak.com untuk marketplace dan masih banyak contoh lainnya.
  2. Keyword on Domain ( Exact Macth Domain): Domain yang penamaan nya di sesuaikan dengan kata kunci yang akan di bidik dan targetnya biasanya hanya spesifik saja. Misal: https://www.jualsepatumurahsurabaya.com. ( Penamaan dengan metode ini sudah tidak di rekomendasikan)
Berdasarkan umur Domain

Untuk pemilihan domain berdasarkan umurnya sebenarnya hanya ada 3 jenis yaitu:

  1. Fresh domain: Domain yang benar benar baru pertama kali di daftarkan pada saat itu juga. Tapi kadang jika beruntung anda bisa mendapatkan domain type Deleted Domain
  2. Age/Expired Domain: Domain yang pernah di beli orang lain dan tidak/lupa di perpanjang. Keuntungan mendapatkan domain tipe ini adalah kita sudah mendapatkan bonus backlink yang masih nyangkut di domain tsb. Biasanya domain type ini harus merogoh kocek lebih jika menginginkan domain dengan kualitas/metrix backlink yang bagus. Anda juga akan berebutan dengan pemburu domain lainnya atau dengan kata lainnya proses bidding.
  3. Deleted Domain: Domain yang sudah habis masa expirednya dan bisa di daftarkan kembali dengan harga normal.

Cara Membeli Domain

Sebelum membeli domain perhatikan aspek aspek yang sudah saya sebutkan di atas. Jika anda sudah memutuskan namanya maka langkah selanjutnya adalah dengan membeli domain tsb.

Cek Apakah Domain Anda Tersedia atau Tidak

Jika statusnya masih available maka anda bisa mendaftarkan nama domain tersebut ke registar baik di penyedia di Indonesia maupun luar negeri. Begitu juga sebaliknnya jika statusnya Registered berarti domain tersebut sudah di beli orang lain. Untuk penyedia di Indonesia anda bisa melakukan pembayaran dengan Bank biasa, OVO, Gopay, atau beberapa jenis pembayaran lokal lainnya.Sedangkan jika anda ingin membeli di luar negeri, anda di haruskan memiliki Credit Card /Paypal. Beberapa registar luar negeri ada juga yang menerima pembayaran dengan Crypto/Bitcoin

Penyedia / registar Indonesia:

  1. Rumahweb
  2. IDWebhost
  3. Domainesia
  4. Jagoan Hosting
  5. Qwords
  6. Exabytes Indonesia
  7. Niagahoster
  8. Dan masih banyak lainnya

Penyedia /registar luar negeri:

  1. Namecheap
  2. Godaddy
  3. Dynadot
  4. Hostinger
  5. Dan masih banyak lainnya

Tambahan: Penyedia domain rata rata juga menjual layanan hosting. Ada juga yang menjadikan bonus ketika kita membeli hosting mereka. ( Penjelasan hosting dan cara membelinya bisa di lihat di materi selanjutnya).

Cara Membeli Domain

Sebenarnya banyak penyedia/registar menyediakan paket hosting dengan bonus gratis domain, tapi ada alasan alasan tertentu yang mengharuskan kita membelinya secara terpisah. Misal penyedia A harga domainnya sedang promo, tapi di sisi hostingnya kualitasnya sangat buruk. Jadi kita membeli hostingnya di penyedia B yang domainnya tidak sedang promo/lebih mahal dari penyedia A

Dalam materi ini saya ambil contoh membeli domain saja di Rumahweb.Untuk hosting saya tidak merekomendasikan anda membeli hosting di Rumahweb di karenakan server mereka lemot sehingga akan berpengaruh di kecepatan blog/web anda juga (sejak tulisan ini di buat masih lemot). Rekomendasi hosting akan saya buatkan di materi Hosting.

  • 1. Akses halaman Rumahweb atau bisa langsung masuk ke form order. Ketik nama domain lalu klik Search.
Panduan Order Domain Saja di Rumahweb Indonesia 1
  • Jika domain masih tersedia tinggal cheklist domain yang diinginkan, dan jika memerlukan ID/Privacy protection pada domain, Silahkan Checklist “Aktifkan” layanan Privacy Protection.
Panduan Order Domain Saja di Rumahweb Indonesia 2
  • Pada Bagian “2. Pilih Paket Layanan”, Pilih “Beli Domain Saja”.
Panduan Order Domain Saja di Rumahweb Indonesia 3
  • Pada Bagian “3. Informasi Akun Dan Billing”, Isi form pendaftaran jika belum mempunyai akun member area di rumahweb, jika sudah mempunyai akun, silahkan pilih “Login”.
Panduan Order Domain Saja di Rumahweb Indonesia 4
  • Setelah mengisi Form atau melakukan Login, silahkan memilih salah satu pilihan metode pembayaran, contoh “Transfer Bank” lalu pilih Bank Tujuan Pembayaran.
Panduan Order Domain Saja di Rumahweb Indonesia 5
  • Pada bagian “4. Review Keranjang Belanja Anda”, tertera total tagihan pembayaran Anda, Silahkan Checklist “Saya menyatakan telah menyetujui SLA, AUP, dan Kebijakan Privasi“, dan KLIK “CHECK OUT” untuk melihat Nomor Invoice pembayaran Anda.
Panduan Order Domain Saja di Rumahweb Indonesia 7
  • Demikian panduan pemesanan domain saja pada Rumahweb. Jika anda masih merasa kesulitan silahkan menghubungi pihak registar untuk mendapatkan bantuan.

Catatan tambahan: Jika anda ingin membeli domain di penyedia/registar luar sebenarnya cara membelinya hampir sama, yang membedakan hanya dari jenis pembayarannya yaitu anda harus punya Credit Card, Paypal atau Bitcoin/Crypto ( hanya beberapa penyedia menerima pembayaran dengan metode ini).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *